Rabu, 13 Mei 2015

LAPORAN STUDY TOUR SMP N 1 DUKUN MAGELANG

LAPORAN STUDY TOUR
WELCOME TO FIDIA'S BLOG

Hasil gambar untuk study tour
Disusun oleh:
-       Kelas                  : VIII C
-       Kelompok          : 1
-       Anggota             :
1.    Arif Santoso             (09)
2.    Fidia Ramadhan       (15)
3.    Riski Hermawan       (26)
4.    Teddy Kurniawan     (28)

SMP NEGERI 1 DUKUN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HALAMAN PENGESAHAN

Kegiatan          : membuat laporan Study Tour
Lokasi             : Jakarta-Bandung
Kelas               : VIII C

Dukun, 15 Mei 2015
Kelompok 1:
1.    Arif Santoso             (09)
2.    Fidia Ramadhan       (15)
3.    Riski Hermawan       (26)
4.    Teddy Kurniawan     (28)

Disahkan oleh:

(Adhinia Imanti)
                      Nip. -

MOTTO
-       ‘’Hidup ini seperti naik sepeda. Untuk menjaga keseimbangannya, anda harus tetap bergerak.’’ (Albert Einstein)
-       ‘’Kalau itu adalah kenangan yang berarti.. Jangan dilupakan!
Sebab jika manusia mati.. Mereka hanya bisa hidup dalam kenangan orang lain.’’ (Takagi - Detective Conan)
-       Aku merasa dongkol kalau kalah.
Tapi, bagiku kekalahan dan luka bukanlah akhir dari segalanya!’’(Amu Hinamori)
-        ‘’Mempelajari masa lalu untuk memperkirakan masa depan. Itulah arti penting mengetahui sejarah.’’(Pain - Naruto Shippuden)
-       ‘’Hal yang kini kita rasa menyenangkan hanya bisa kita nikmati sepenuhnya saat ini. Karena itu hargailah setiap momen indah dan waktu saat ini.’’ (Athena glory - Aria)
-        ‘’Hidup bukanlah sebuah permainan, kita hanya punya satu kehidupan dan tidak punya tombol reset.’’  (Makoto - School Days)
-        ‘’Kita akan menyesal bila mimpi yang kita kejar akhirnya gagal, tapi kita akan lebih menyesal bila kita tidak mencoba untuk mengejarnya !’’  (Takagi Akito - Bakuman)
-       ‘’Genius Dilahirkan, Bukan Dibeli!’’ (Oscar Wilde)
-        ‘’Saya selalu berkembang atas dorongan orang lain.’’ (John F. Kennedy)

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang  Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Laporan Kegiatan Study Tour” ini dengan baik tanpa ada halangan.
Laporan Kegiatan Study Tour ini berisi tentang seluruh kegiatan studi yang dilaksanakan siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukun pada selasa-jumat, tanggal 07-11 April 2015.
            Terselesaikannya laporan ini tentu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:
1.    Ibu  Kepala Sekolah
Yang telah mengizinkan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan study tour.
2.    Guru Pembimbing
Yang telah menjaga dan memberi pengarahan yang kami butuhkan sehingga kami bisa tahu hal-hal yang kami belum tahu.
3.    Ayah dan Ibu
Yang telah memberikan dana, dorongan dan kasih sayang sehingga kami bisa berangkat ke Jakarta, Bandung dengan tenang dan bisa menyedaikan karya tulis dengan lancar.
4.    Teman-temanku
Yang telah mendampingi dan melindungi penulis waktu study tour berlangsung dan membantu serta memberi dorongan kepada penulis sehingga penulis bisa menyelesaikan karya tulis.
5.    Pihak lain
     Yang telah mempersiapkan segala kebutuhan yang sangat kami butuhkan sehingga kami dapat berangkat dan pulang sampai rumah dengan selamat

Kami berharap semoga laporan karya wisata ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi referensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik lagi. Kami mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.

Dukun,    April 2015

Tim penyusun

DAFTAR ISI

Ø  HALAMAN PENGESAHAN........................................................................................................... 1
Ø  MOTTO................................................................................................................. 2
Ø  KATA PENGANTAR............................................................................................................. 3
Ø  DAFTAR ISI........................................................................................................................... 4
Ø  BAB I   PENDAHULUAN......................................................................................................... 5
1.1  LATAR BELAKANG................................................................................................................ 5
1.2  TUJUAN KEGIATAN................................................................................................................ 5
1.3  MANFAAT................................................................................................................. 5
Ø  BAB II   ISI.......................................................................................................................... 6
2.1 PENDAHULUAN.......................................................................................................... 6
2.1.1 JADWAL PERJALANAN.................................................................................... 6
2.2 ISI.................................................................................................................................... 7
2.3 OBJEK YANG DIKUNJUNGI..................................................................................... 8
1. MUSEUM PANCASILA SAKTI.............................................................................. 8
2. TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)......................................................... 11
3. STUDIO ANTV PESBUKERS.................................................................................. 12
4. PANTAI MARINA ANCOL..................................................................................... 12
5. GELANGGANG SAMUDRA ANCOL (GSA)........................................................ 13
6. DUNIA FANTASI (DUFAN).................................................................................... 14
7. CIBADUYUT BANDUNG....................................................................................... 15
Ø  BAB III   PENUTUP............................................................................................................ 16
3.1 KESIMPULAN............................................................................................................... 16
3.2 KESAN............................................................................................................................ 17
3.3 PESAN............................................................................................................................ 17

BAB I             PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa serta menambah pengalaman. Setelah karya wisata kami laksanakan, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas VIII SMP 1 Dukun. Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study tour.
Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study tour ke Jakarta-Bandung diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour yang berada di Jakarta- Bandung dan sekitarnya.
1.2  Tujuan Kegiatan
-          Untuk menambah wawasan
-          Untuk menambah ilmu pengetahuan
-          Untuk hiburan untuk menambah pengalaman
1.3  Manfaat
-          Bisa lebih mandiri
-          Bisa lebih berhati-hati dalam bertindak
-          Bisa bertanggungjawab

Kegiatan
Selasa, 07 April 2015
13.30
Siswa hadir di sekolah, presensi dan pengecekan
Berangkat dengan iringan doa
19.00
20.00
Melanjutkan perjalanan menuju Jakarta
Rabu, 08 April 2015
04.30
Tiba di transit ishoma(masjid Diponegoro)
05.30
11.00
Tiba dan mengunjungi Museum Migas
12.00
Meninggalkan migas menuju transit ishoma
13.00
14.00
Meninggalkan transit ishoma menuju Studio Antv Pesbukers
Tiba dan mengunjungi Antv Pesbukers
17.30
Meninggalkan studio menuju penginapan
19.30
Tiba di penginapan, ishoma free times
Kamis, 09 April 2015
03.30
Bangun tidur, ishoma, persiapan tour
06.00
Sarapan, ceck out
07.00
Meninggalkan penginapan menuju pantai marina
09.30
19.00
Menunggalkan Cibaduyut menuju rumah makan
20.30
Tiba di rumah makan, ishoma
21.30
Meninggalkan rumah makan, menuju kota tercinta
Jumat, 10 April 2015
07.00
Tiba kembali di kota tercinta
2.2 Isi
Hari selasa, 07 April 2015. Siswa kelas delapan berangkat ke Jakarta. Menjelang sore tiba di Banyumas dan ISHOMA kemudian kami melanjutkan perjalanan kembali.
Hari rabu, 08 April 2015 pagi tiba di Masjid Diponegoro TMII. Ditempat itu kami mandi sholat. Setelah itu kami sarapan di Jambi. Setelah itu kami menuju Museum Pancasila Sakti dan tiba di tempat itu. Di tempat itu, kami dapat mengetahui beberapa sejarah saatG 30S PKI. Setelah beberapa jam kami meninggalkan tempat itu dan kembali menuju TMII-Museum migas. Di tempat itu juga kami bias mengetahui Ilmu tentang minyak, gas dan bumi dan juga sejarah terbentuknya minyak mentah. Setelah itu kami kembali menuju rumah makan Jambi dan juga Masjid Diponegoro untuk makan dan sholat. Setelah itu kami menuju studio antv Pesbukers. Saat sore hari kami menuju tempat penginapan (Asrama Haji) untuk ISHOMA dan juga mandi dan tidur.
      Pagi, hari hari kamis 09 April 2015 kami ISHOMA dan juga persiapan untuk meninggalkan Asrama. Setelah persiapan kami meninggalkan penginapan dan untuk menuju pantai Ancol dan juga mengunjungi GSA. Setelah itu kami melihat pertunjukan singa laut, dilanjutkan dengan melihat video di gedung 4D. Selanjutnya kami bergegas menuju pertunjukan lumba-lumba. Setelah itu kami meninggalkan GSA dan menuju ke Dufan. Ditengah perjalanan ke Dufan, kami semua ishoma di rumah makan dekat pantai Marina. Dan setelah itu kami melanjutkan kembali perjalanan menuju ke Dufan. Sesampainya di Dufan kami sholat jamak zuhur-ashar, kemudian melihat-lihat wahana dan menaiki beberapa wahana. Wahana yang kami naiki antara lain roller coaster, bianglala, arung jeram, rumah kaca, ontang-anting dan lain-lain. Setelah beberapa jam, kami berkumpul dan melanjutkan perjalanan menuju Cibaduyut-Bandung. Sesampainya disana kami belanja kaos, boneka, accessories dll. Setelah beberapa jam, kami meninggalkan Cibaduyut dan berhenti di rumah makan bandung yang sebelahan dengan masjid. Ditempat itu kami makan malam dan sholat jamak maghrib-isyak. Setelah makan dan sholat, kami pulang ke kota Magelang.

2.3 Objek Yang Dikunjungi
images?q=tbn:ANd9GcR_CZwcZ1doTazPAeiNJDoGambar: Monumen Pancasila Sakti
1.    Museum pancasila sakti
Monumen Pancasila Sakti dibangun atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Dibangun di atas tanah seluas 14,6 hektar. Monumen ini dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.
Keenam pahlawan revolusi tersebut adalah:
·       Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani,
·       Mayjen TNI R. Suprapto
·       Mayjen TNI M.T. Haryono
·       Mayjen TNI Siswondo Parman
·       Brigjen TNI DI Panjaitan
·       Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo
Jenderal TNI A.H. Nasution juga disebut sebagai salah seorang target namun dia selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan AH Nasution, Lettu Pierre Tendean tewas dalam usaha pembunuhan tersebut.
Monumen yang terletak di daerah Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur ini, berisikan bermacam-macam hal dari masa pemberontakan G30S - PKI, seperti pakaian asli para Pahlawan Revolusi.
-       Sejarah Dibangunnya Monumen Pancasila Sakti
Monumen ini dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar, atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto. Dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.………………………………………………………………………
Monumen ini terletak Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Di sebelah selatan terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, sebelah utara adalah Bandar Udara Halim Perdanakusuma, sedangkan sebelah timur adalah Pasar Pondok Gede, dan sebelah barat, Taman Mini Indonesia Indah.
Sebelum menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S).                                                                                                  .
Di kawasan kebun kosong itu terdapat sebuah lubang sumur tua sedalam 12 meter yang digunakan untuk membuang jenazah para korban G30S. Sumur tua itu berdiameter 75 Cm.
-          Kompleks Monumen
Monumen ini berdiri di atas lahan seluas 9 Hektar dan tediri dari beberapa tempat yang bersejarah Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), Sumur Tua tempat membuang jenazah 7 Pahlawan Revolusi, Rumah Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, Mobil-Mobil tua peninggalan Pahlawan Revolusi dan Museum Paseban.
-          Museum Pengkhianatan PKI (Komunis)
museum penghianatan pki.jpg
Gambar: Museum Penghianatan PKI
Museum Pengkhianatan PKI menceritakan sejarah pemberontakan-pemberontakan PKI yang bertujuan menggantikan dasar negara Pancasila dengan komunis yang bertentangan dengan Pancasila, sampai pada pemberontakan kedua yang terkenal dengan nama Gerakan Tiga Puluh September atau G-30-S/PKI, diawal pintu masuk kita akan disambut dengan beberapa koleksi foto Pemberontakan PKI, Pengangkatan Jenazah 7 Pahlawan revolusi, dan beberapa diorama yang menceritakan tentang Pemberontakan PKI di berbagai Daerah di Indonesia.
-          Sumur Maut
Gambar: Sumur Maut
Sumur Tua ini adalah tempat membuang 7 Pahlawan Revolusi: - Jend. Anumerta Ahmad Yani - Mayjen. Anumerta Donald Isaaccus Panjaitan - Letjen. Anumerta M.T. Haryono - Kapten CZI Anumerta Pierre Andreas Tendean - Letjen. Anumerta Siswandono Parman - Letjen. Anumerta Suprapto - Mayjen. Anumerta Sutoyo Siswomiharjo
Jenazah ke-7 pahlawan itu ditemukan di sebuah sumur tua yang sekarang dinamai Lubang Buaya , di daerah Lubang Buaya , dekat lapangan terbang Halim Perdanakusumah, Jakarta. Sedangkan jenazah Brigjen Katamso Dharmakusumo dan Kol. Sugiyono Mangunwiyoto ditemukan di Desa Kentungan, Yogyakarta. Selain itu, gugur pula AIP II Brimob Karel Sasuit Tubun dan Ade Irma Suryani Nasution, putri dari Jend. A.H: Nasution.
- Rumah Penyiksaan
Gambar: Rumah Penyiksaan

Rumah Penyiksaan adalah tempat para Pahlawan Revolusi disiksa untuk menandatangani surat pernyataan untuk mendukung komunisme di Indonesia, mereka disiksa seblum akhirnya dibunuh, ditempat ini ditampilkan diorama penyiksaan 7 pahlawan Revolusi beserta kisah dimulainya Pemberontakan PKI, dahulu tempat ini merupakan sebuah sekolah rakyat atau sekarang lebih dikenal SD dan dialih fungsikan oleh PKI sebagai tempat penyiksaan kejam para Pahlawan Revolusi.
-          Dapur Umum
Gambar: Dapur Umum
Tempat ini sebenarnya sebuah rumah yang dialihfungsikan oleh PKI sebagai dapur Umum, rumah yang statusnya milik Ibu Amroh ini dipakai sebagai tempat sarana konsumsi anggota G30S/PKI, oleh karaena itu Ibu Amroh yang sehari-harinya berjualan Pakaian keliling meninggalkan rumah dalam keadaan tidak terkunci dan diperintahkan oleh para anggota PKI untuk meninggalkan rumahnya dalam keadaan terkunci, tetapi saat kembali ternyata rumahnya sudah dalam keadaan berantakan, hanpir semua benda di rumah tersebut menghilang.

Usaha terhadap Pemerintah RI dan mengganti dasar negara Pancasila telah dua kali dijalankan, yang pertama pada tahun 1948, dikenal sebagai pemberontakan PKI Muso di Madiun dan yang kedua ialah pemberontakan G 30 S PKI dalam bulan September 1965. Selain itu tempat ini juga terdapat Foto ke 7 Pahlawan Revolusi, yang ukuran foto tersebut sudah diperbesar dari aslinya.

Dan adanya Ruang Relik yang merupakan tempat dipamerkannya barang-barang, terutama pakaian yang mereka kenakan ketika mereka d culik, di siksa, sampai akhirnya di bunuh, berikut dengan hasil visum dari dokter. Selain itu terdapat pula Aqualungsebuah alat bantu pernapasan yang digunakan untuk mengangkat jenazah 7 Pahlawan Revolusi dari dalam sumur tua.  …………………………..
Selain itu terdapat pula Ruang Teater yang memutar rekaman bersejarah pengangkatan jenazah Pahlawan Revolusi, Pemakaman ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan lain-lain, masa putar rekaman ini kurang lebih 30 menit.……………………..
Dan terdapat Ruang pameran Foto yang menyajikan foto-foto pengangkatan Jenazah Pahlawan Revolusi dan pemakamannya di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
2.      Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
1)      Museum Minyak Gas Dan Bumi (Migas)
­­­­­­­­­­­­­­­
Gambar: Museum Migas
Museum Minyak dan Gas bumi “Graha Widya Patra (gawitra)” dibangun dalam rangka peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi Indonesia.museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1989yang bertepatan dengan ulang tahun TMII.
Minyak mentah/bumi dapat diolah menjadi 2 produk, yaitu:
·      Diolah menjadi produk BBM.
BBM yang dikenal di Indonesia antara lain Minyak tanah rumah tangga, Minyak tanah industri, Pertamax Racing, Pertamax, Pertamax Plus, Premium, Bio Premium, Bio Solar, Pertamina DEX, Solar transportasi, Solar industri, Minyak diesel, Minyak bakar dll
·      Diolah menjadi produk non-BBM
Produk non-BBM antara lain Aspal (Asphalt), Heavy Aromate, Lube Base Oil, Low Sulphur, Waxy Residue (LSWR), Minarex (Pertamina Extract), Parafinic Oil, Toluene dll.

Sejarah perminyakan di Indonesia dibagi menjadi 4 masa, yaitu:
1.      Masa prakomersial
2.      Masa prakemerdekaan
3.      Masa pembenahan
4.      Masa pembangunan
3.      Pesbukers ANTV
Pesbukers adalah acara TV  di ANTV yang tayang live pada sore hari. Saat kami mengunjungi Pesbukers kami sangat terhibur dan juga mengharukan. Kami senang karena dapat dihibur oleh artis-artis yang belum pernah kami temui. Tetapi yang kami tidak suka yaitu suara para pemain tidak terlalu kedengaran dan juga kami disuruh-suruh untuk tepuk tangan dan juga pindah tempat kesana-kemari.
4.      Pantai Marina Ancol
Gambar: Pantai Marina Ancol
Marina Ancol adalah dermaga kapal pesiar bergaya kosmopolitan yang pertama di Indonesia dan merupakan satu-satunya marina terlengkap di Indonesia. Dan sekaligus sebagai pusat dermaga wisata bahari ke Kepulauan Seribu. Marina terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol.
Dengan kelengkapannya membuat Marina Ancol bukan saja sebagai tempat bersandarnya kapal pesiar, tetapi juga tempat rekreasi dan pusat olah raga laut seperti ski air, wind surfing, memancing, menyelam dan lain-lain.
Fasilitas:
-          Kafe
-          Dockyard
-          Marine Communication
-          Ruang pamer kapal
-          Pompa bensin
-          Travel Counter
-          Fasilitas olah raga kelautan, seperti: jet sky, kano, wind surfing, sarana boat, layar, dan lainnya
5.      Gelanggang Samudera Ancol (GSA)
Gambar: GSA
Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. GSA terletak di Jakarta Utara. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di sini anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut. Wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah wahana pertunjukan Singa Laut, wahana pertunjukan Lumba-Lumba, serta wahana Sinema 4D.
-          Singa laut
Pertunjukan ini menarik karena kita dapat mengetahui kecerdikan singa laut yang dapat menghibur para penonton termasuk kita.
-          Lumba-lumba
Pertunjukan ini menarik karena kita dapat terhibur dengan aksi lumba-lumba.
-          Film 4D
Pertunjukan film ini menarik  karena kita menonton film 3D dengan menggunakan kaca mata khusus, duduk di kursi yang dapat bergerak, lalu ditambah dengan special effect seperti hembusan angin, cipratan air, dll. Sehingga penonton seakan-akan ada di dalam film tersebut.

Gambar: Pertunjukan Singa Laut
Gambar: Pertunjukan Lumba-Lumba
Gambar: Pertunjukan Film 4D

6.      Dunia Fantasi (Dufan)
Dufan merupakan tempat yang dapat menghibur para pengunjung. Ada banyak wahana ditempat ini. Wahana yang kami kunjungi atara lain:
a.         Halilintar
Halilintar adalah roller coaster yang meluncur dengan kecepatan tinggi yang membuat kereta yang naiki terjun dan berputar 360 derajat! Yang paling menegangkan adalah saat kereta pertama kali terjun! Kita berasa benar-benar terjun ke jurang. Namun tiba-tiba kereta naik dan berputar 3600 dan membuat semua penumpangnya teriak. Naik wahana ini selain siap-siap teriak, juga siap-siap pusing.
b.         Bianglala
Bianglala adalah wahana yang berbentuk lingkaran besar. Pada saat mencapai ketinggian kita dapat melihat pemandangan yang sangat bagus bahkan sambil foto-foto juga bisa.
c.         Ontang-anting
Seperti nama wahananya, ontang-anting membawa kita seperti diontang-antingkan ke segala arah dan membuat badan kita terasa terdorong ke bawah tetapi tetap tertahan.
d.        Arung jeram
Seperti nama wahananya, Arung Jeram membawa kita seperti ber-arung jeram di sebuah sungai yang mengalir deras. Antriannya panjang dan jika berani naik ini berarti harus berani basah! Karena aliran air yang deras dan jalur yang berliku-liku membuat percikan air datang dari segala arah.

Gambar: Halilintar
Gambar: Bianglala

Gambar: Ontang-Anting                        Gambar: Arung Jeram

7.      Cibaduyut (Bandung)
Cibaduyut adalah darah kota Bandung bagian selatan. Cibaduyut merupakan pusat oleh-oleh berbagai jenis kuliner, fashion, boneka, sepatu, dan aneka model tas dari harga mewah sampai harga yang terjangkau bagi kita.

BAB III          PENUTUP

Demikian penulisan hasil laporan study tour yang dilaksanakn pada tanggal 07-10 April 2015 yang dilaksanakan di Jakarta–Bandung, sehingga penulis mengetahui beberapa obyek wisata yang seluruhnya dapat penulis tulis dalam bentuk laporan yang sangat sederhana ini.
            Dan akhirnya penulis mengucapkan Hamdan wa syukron lillahi Robbil’alamin yang telah mencurahkan rahmatnya dan mendampingi penulis sejak mulai observasi dan interview hingga penyusunan laporan, tiada gading yang tak retak, seperti hal nya itulah laporan ini masih terdapat kekurangan, untuk itu dengan kerendahan hati penulis akan selalu menerima tegur sapa serta yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya dengan terselesaikannya laporan ini dapat dijadikan bahwa acuan dan pertimbangan bagi bapak dan ibu guru dan para pembaca sekalian, juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini. Penulis mengucapkan banyak terimakasih.
3.1 Kesimpulan        :
       3.1.1 MUSEUM PANCASILA SAKTI
Museum Pancasila Sakti adalah tempat bersejarah saat G 30S/PKI
       3.1.2 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah menggambarkan keanekaragaman budaya indonesia dari berbaga macam suku, agama, ras, adat-istiadat dan sebagainya
3.1.3 Pesbukers
Pesbukers adalah acara TV di ANTV yang tayang pada sore hari.
3.1.4 Pantai Marina Ancol
Pantai Marina Ancol adalah adalah dermaga kapal pesiar bergaya kosmopolitan yang pertama di Indonesia dan merupakan satu-satunya marina terlengkap di Indonesia.
3.1.5 Gelanggang Samudra Ancol
GSA merupakansebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersam, di sini kitadapat mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut.
3.1.6 Dunia Fantasi
Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.
3.1.7 Cibaduyut
Tempat ini merupakan pusat oleh-oleh berbagai jenis kuliner, fashion, boneka, sepatu dan aneka model tas dari harga mewah sampai yang terjangkau
3.2 Kesan
Kesan yang kami dapatkan selama kami mengikuti study wisata banyak sekali. Kami merasa senang karena kami bisa mengikuti study wisata bersama teman – teman dan guru. Selain itu kami juga mendapatkan banyak sekali ilmu baru. Kami juga mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan pernah kami lupakan.
3.3 Pesan
Karya Wisata kemarin sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk Menyegarkan Pikiran saat kebingungan ketika Kegiatan Belajar Mengajar sedang berlangsung. Selain itu Kegiatan Karya wisata kemarin juga berguna untuk menambah wawasan peserta didik . Disana Kami lebih tahu , betapa indahnya Alam Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa . Dari Situlah kami ingin meninggalkan beberapa pesan yaitu ,
  1. Untuk yang Bertugas Sebagai akomodasi harap menjaga bus kita agar terhindar dari pencurian.
  2. Seharusnya tempat duduk  bus sesuai dengan kelasnya masing-masing,sehingga bisa berinteraksi dengan teman sekelasnya.
  3. Untuk pihak trans studio bandung agar menurunkan harga semua barang yang dijual , karena harga itu tidak cocok untuk pelajar seperti kita .
  4. Guru pendamping lebih mengawasi siswa-siswanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
  5. Waktu yang diberikan pada tiap tempat harap lebih diperlama agar siswa dapat lebih puas berkeliling objek.